Pesona Desa Wisata Kalibiru Kokap Kulonprogo Yogyakarta

Wisata kalibiru, wisata kulonprogo, waduk sermo, bandara nyia kulonprogo, wisata menoreh, sablon kaos kulonprogo, menoreh, wisata samigaluh, suroloyo



[MENOREH EXPLORE] Desa Wisata Kalibiru merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di daerah Hargowilis Kokap Kulon Progo.
Akhir-akhir ini Wisata Kalibiru menjadi sangat terkenal dan menjadi buah bibir dikalangan para pemburu destinasi pariwisata di Yogyakarta.
Tak bisa dipungkiri bahwa wisata Kalibiru di Kokap Kulonprogo ini memang merupakan salah satu desa wisata yang patut menjadi contoh bagi desa lain yang memiliki potensi wisata.



Warga lokal di Kalibiru yang memang menyadari akan potensi pariwisata kemudian bahu membahu membangun berbagai fasilitas dan wahana untuk memanjakan para  pengunjung yang datang.
Dari sektor pariwisata ini para warga lokal bisa mendapat pendapatan  sampingan selain bertani atau beternak.
Selain menjadi pengelola para warga di Kalibiru juga banyak yang berdagang mendirikan warung sebagai tempat para wisatawan istirahat atau membeli sesuatu.
Namun terkadang yang jadi kendala dan masalah yang sering dikeluhkan oleh para wisatawan ataupun warga di Kalibiru adalah akses jalannya yang terbilang ektrem terjal berliku dan sempit dilalui mobil, desa wisata Kalibiru memang terletak di daerah perbukitan Menoreh yang membentang dan menjadi batas wilayah antara Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Untuk sampai ke tujuan kita bisa menemukan satu-satunya waduk yang ada di Kulon Progo yaitu
Waduk Sermo yang menjadi penopang irigasi dan PDAM daerah Kulon Progo hingga sekitarnya. Waduk Sermo juga menjadi salah satu wisata unggulan yang ada di bukit Menoreh dan sering dikunjungi wisatwan sebagai pilihan alternatif untuk istirahan sambil bersantai menikmati alunan riak air waduk.
Setelah melewati waduk, perjalanan akan lebih berat lagi karna medan yang dilalui mulai terjal menanjak wilayah perbukitan menoreh.



Posisi kalibiru berada pada titik elevasi 450 mdpl, jika kita start perjalanan dari kota Jogja maka kurang lebih akan sampai 1,5 jam pejalanan menempuk jarak 37 km lebih. Oleh sebab itu hendaknya sebelum berangkat cek lah terlebih dahulu kendaraan kamu, pastikan mesin dan terutama rem dalam keadaan baik.
Setelah sampai ke lokasi Kalibiru maka semua perjuangan melewati trek yang terjal akan terasa terbayarkan, disini kita dapat menemukan salah satu spot paling indah yang ada di Yogyakarta, pemandangan lanskap terbentang luas sejauh mata memandang, kita bisa melihat Waduk yang baru saja kita lewati tadi dari atas sini.
Banyak fasilitas dan wahana yang telah dibangun warga untuk menarik perhatian, salahsatunya adalah wahana flying fox, namun yang paling sering ramai dan kadang sampai mengantri adalah spot atau tempat yang dibangun di atas batang pohon, spot ini sering jadi rebutan wisatawan yang hendak berfoto, karna view nya yang memang tak meragukan lagi keindahannya, viewnya menghadap arah barat terbentang keindahan perbukitan dan waduk sermo.




Rute menuju lokasi desa wisata Kalibiru dari koya Jogja.
Kota Jogja – Jalan Raya Wates – Kota Wates – ikuti petunjuk jalan ke Waduk Sermo – Waduk Sermo – ikuti petunjuk jalan ke Kalibiru (jalan mulai menanjak, harap hati-hati melewati jalan ini) – Desa Wisata Kalibiru.

Sumber artikel:
https://eksotisjogja.com/wisata-alam-kalibiru-kulon-progo/amp/
Nama

Bisnis,6,Budidaya,4,Desain,2,Desain Grafis,4,Fashion,6,Internet,4,Kaligrafi,1,Komputer,9,Printing,8,Resep,2,Sejarah,2,Seni,4,Software,4,Teknologi,7,Tutorial,15,Wisata,6,
ltr
item
Cloth Ink Studio: Pesona Desa Wisata Kalibiru Kokap Kulonprogo Yogyakarta
Pesona Desa Wisata Kalibiru Kokap Kulonprogo Yogyakarta
Wisata kalibiru, wisata kulonprogo, waduk sermo, bandara nyia kulonprogo, wisata menoreh, sablon kaos kulonprogo, menoreh, wisata samigaluh, suroloyo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEis9DGjjku9yVIy6PTP5WuOGqyE1HDmNJuPs6FpgBELefqSxEsk9ZE9xsi298HKEMpWdJNXxJeg5QQrrpCVk3F_xm8TKCXhOfDzGIeZ5Kk-Wn6uWYQm4LQj9sVmI5Q6nX2tVVOCDJ7FJ9Y7/w625-h411/kalibiru3.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEis9DGjjku9yVIy6PTP5WuOGqyE1HDmNJuPs6FpgBELefqSxEsk9ZE9xsi298HKEMpWdJNXxJeg5QQrrpCVk3F_xm8TKCXhOfDzGIeZ5Kk-Wn6uWYQm4LQj9sVmI5Q6nX2tVVOCDJ7FJ9Y7/s72-w625-c-h411/kalibiru3.jpg
Cloth Ink Studio
https://clothinkstudio.blogspot.com/2020/07/pesona-desa-wisata-kalibiru-kokap.html
https://clothinkstudio.blogspot.com/
http://clothinkstudio.blogspot.com/
http://clothinkstudio.blogspot.com/2020/07/pesona-desa-wisata-kalibiru-kokap.html
true
1634553829916518881
UTF-8
Memuat semua artikel Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal balas Hapus Diposting oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARSIP CARI SEMUA ARTIKEL Artikel yang anda minta tidak ada Kembali Ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content